Friday, December 1, 2023

Tajalli Sifat Jamal dan Jalal Allah

Asy-Syaikh Al-Arifbilah Sayyidi Ahmad bin Muhammad Al-Ajibah Al-Hasani Asy-Syadzili Qaddasallahu Sirrahu menjelaskan

قال الشيخ العارف بالله سيدي أحمد بن محمد عجيبة الحسني الشاذلي قدس الله سره

فائدة: إذا أردت أن يسهل عليك الجلال فقابله بضده وهو الجمال، فإنه ينقلب جمالا في ساعته، وكيفية ذلك أنه إذا تجلى باسمه القابض في الظاهر فقابله أنت بالبسط في الباطن فإنه ينقلب بسطا، وإذا تجلى لك باسمه القوي فقابله أنت بالضعف، أو تجلى باسمه العزيز فقابله بالذل في الباطن، وهكذا، يقابل الشيء بضده قياما بالقدرة والحكمة.
وكان الشيخ شيخنا مولاي العربي الدرقاوي رضي الله عنه يقول: ما هي إلا حقيقة واحدة أن شربتها عسلا وجدتها عسلا، وإن شربتها لبنا وجدتها لبنا، وإن شربتها حنظلا وجدتها حنظلا، فاشرب يا أخي المليح ولا تشرب القبيح.

Jika engkau ingin Keperkasaan-Nya (al-Jalal) terasa mudah bagimu, maka imbangilah dengan padanannya, yaitu keindahan (al-Jamal), karena Keperkasaan akan cepat berbalik menjadi keindahan. Caranya jika Allah ter tajalli dengan nama-Nya yang dalam lahirnya menyempitkan, maka imbangilah dengan kelapangan. Jika Dia tersingkap dengan nama-Nya al-Qawiyuh (Yang Mahakuat), maka imbangilah dengan kelemahan. Dan jika Dia tersingkpap dengan nama-Nya al-Aziz (Yang Mahamulia), maka imbangilah dengan kehinaan dalam batin. Begitu seterusnya, mengimbangi suatu perkara dengan padanannya untuk menjalankan qudrah (ketentuan Allah dalam batin) dan Hikmah (ketentuan Allah dalam lahir).
Asy-Syaikh Maulana al-Arabi Ad-Darqawi 
رضي الله عنه berkata: "Hakikat hanya merupakan satu esensi. Jika kau meminumnya sebagai madu maka kau akan mendapatinya sebagai madu. Jika kau meminumnya sebagai susu, maka kau akan mendapatinya sebagai susu, dan jika kau meminumya sebagai buah labu, maka kau mendapatkannya sebagai buah labu. Wahai saudaraku! Minumlah yang manis, jangan minum yang pahit."

[ Kitab Iqazhul Himam fi Syarh Al-Hikam Juz II, Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah, Beirut hal 49 ]

No comments:

Post a Comment