Tuesday, February 14, 2023

NASEHAT KEHIDUPAN

Al-Imam Sufyan ats-Tsauri رحمة الله تعالى berkata, di antara wasiat Ali bin al-Hasan as-Sulami رحمة الله تعالى ialah,

ﻋﻠﻴﻚ ﺑﻘﻠﺔ ﺍﻟﻜﻼﻡ، ﻳﻠﻴﻦ ﻗﻠﺒﻚ. ﻭﻋﻠﻴﻚ ﺑﻄﻮﻝ ﺍﻟﺼﻤﺖ، ﺗﻤﻠﻚ ﺍﻟﻮﺭﻉ. وﻻ ﺗﻜﻮﻧﻦ ﺣﺮﻳﺼﺎً ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ. وﻻ ﺗﻜﻦ ﺣﺎﺳﺪﺍً، ﺗﻜﻦ ﺳﺮﻳﻊ ﺍﻟﻔﻬﻢ. وﻻ ﺗﻜﻦ ﻃَﻌَّﺎﻧﺎً، ﺗﻨْﺞ ﻣﻦ ﺃﻟﺴُﻦ ﺍﻟﻨﺎﺱ. وﻛﻦ ﺭﺣﻴﻤﺎً، ﺗﻜﻦ ﻣﺤﺒّﺒﺎً ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻨﺎﺱ. وارﺽَ ﺑﻤﺎ ﻗﺴﻢ ﻟﻚ ﻣﻦ ﺍﻟﺮﺯﻕ، ﺗﻜﻦ ﻏﻨﻴﺎً. ﻭﺗﻮﻛﻞ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ، ﺗﻜﻦ ﻗﻮﻳﺎً. وﻻ ﺗﻨﺎﺯﻉ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ﻓﻲ ﺩﻧﻴﺎﻫﻢ، ﻳﺤﺒﻚ ﺍﻟﻠﻪ ﻭ ﻳﺤﺒﻚ ﺃﻫﻞ اﻷﺭﺽ. وﻛﻦ ﻣﺘﻮﺍﺿﻌﺎً، ﺗﺴﺘﻜﻤﻞ ﺃﻋﻤﺎﻝ ﺍﻟﺒﺮ .

1. Hendaklah kamu mengurangi banyak berbicara, niscaya hatimu akan menjadi lembut. Dan perbanyaklah diam, niscaya kamu akan memiliki sifat wara' (berhati-hati).

2. Dan janganlah berambisi terhadap urusan dunia dan menjadi seorang pendengki, niscaya kamu akan mudah dalam memahami (sesuatu).

3. Dan janganlah suka mencaci-maki orang lain, niscaya kamu akan selamat dari cercaan mereka. Dan hendaknya menjadi orang yang penyayang, niscaya kamu akan dicintai oleh manusia.

4. Dan hendaklah selalu meredhoi rezeki yang telah ditetapkan Allah ‘Azza wa Jalla kepadamu, niscaya kamu akan menjadi manusia yang selalu merasa cukup.

5. Bertawakkallah selalu kepada Allah ‘Azza wa Jalla, niscaya kamu akan menjadi pribadi yang kuat lagi optimis.

6. Dan janganlah bersaing dengan para pecinta dunia dalam urusan dunia mereka, niscaya Allah ‘Azza wa Jalla dan semua penduduk bumi akan mencintaimu.

7. Serta jadilah sebagai seorang yang selalu rendah hati, niscaya akan sempurna semua amalan kebaikanmu.

[ Sumber : Hilyatul Aulia : (jilid: 8/hlm. 82) ]


No comments:

Post a Comment