Tuesday, March 19, 2019

Al-Imam Asy-Syeikh Muhammad Zaki Ibrahim Asy-Syadzuli Al-Husaini رحمة الله تعالى

Salah satu mursyid Thariqah Syadzuliyah dan guru utama Maulana Syeikh Ali Jum’ah adalah Syeikh Muhammad Zaki Ibrahim al-Husaini رحمة الله تعالى. Tokoh pembaharu yang merupakan guru serta mursyid dari banyak sekali tokoh besar al-Azhar dan umat Islam pada zaman ini.
Beliau Lahir pada 22/8/1906 M, dan wafat pada 16 Jumada al-Akhirah 1419 H atau 7/10/1998 M.


Berikut beberapa nasihat beliau :

1. العمل مع الغفلة خير مِن الغفلة عن العمل
Lupa saat melakukan amal, lebih baik dari lupa mengerjakan amal.

2. الخير والشر عدوى وتقليد، فأصلح الفرد تصلح الأسرة، تصلح أخرى، تصلح الناحية، تصلح المجموعة، تصلح الأمة
Kebaikan dan keburukan itu menular dan bisa diikuti. Maka perbaikilah seseorang, maka kamu bisa memperbaiki satu keluarga, kemudian keluarga lainnya, kemudian satu daerah, kemudian satu kelompok, hingga memperbaiki satu umat.

3. يجب أن تعظ الناس بأفعالك قبل أن تعظهم بأقوالك، فالناصح بغير حاله كالمنفق من غير ماله
Hendaklah kamu menasihati manusia dengan pekerjaanmu, sebelum kamu menasihati dengan perkataanmu, kerana orang yang memberi nasihat dengan hal yang belum ia amalkan, bagaikan orang yang memberikan zakat dari harta orang lain.

4. Janganlah malas atau berlebih-lebihan dalam menjalankan agama. Lakukanlah sunah-sunah sesuai kemampuanmu. Ketahuilah bahwa takwa itu di hati. Hendaklah kamu selalu berupaya untuk sempurna, terhormat dan rajin. Jauhilah perkataan dan perbuataan yang tidak bermanfaat bagimu.

5. Kamu harus punya wirid dan bacaan al-Qur’an yang rutin bagimu. Jadikanlah al-Qur’an sebagai sahabat yang selalu menemanimu. Bacalah al-Qur’an setiap hari, meski hanya beberapa ayat saja, hingga kamu mengkhatamkannya. Kemudian bacalah kembali dari awal.

6. Bacalah surat al-Wāqi`ah setelah shalat Subuh, surat al-Rahmān setelah shalat Asar, surat Yāsīn setelah shalat Magrib, surat al-Mulk setelah shalat Isya’, surat al-Dukhan setiap malam Jumaat, dan surat al-Kahfi setiap hari Jumaat.

7. Hafalkanlah minimal 40 hadis Nabi ﷺ, kerana hadis ini merupakan bekalmu hingga kamu dibangkitkan pada hari akhir.

(Disarikan dari biografi Syeikh Muhammad Zaki Ibrahim)




Berikut ini merupakan tulisan Syeikh Muhammad Zaki Ibrahim sendiri, menjelaskan tentang luasnya wawasan ilmu pengetahuan beliau yang memahami bahasa Arab, Inggris, Perancis, Jerman dan Persia.

"Ada seseorang yang mengirim tulisannya kepada saya, mengkritik dengan kasar bahwa saya hanya seorang yang mengurung diri dalam ruang sempit tasawuf, menjalankan ajaran agama dengan cara yang terbelakang, hidup dengan cara hidup masa klasik yang stagnan dan kaku. Sementara masa sekarang ini adalah era peradaban modern yang kemajuannya jauh melebihi dan tidak bisa dibandingkan dengan era sebelumnya.

Saya ingin menyampaikan pesan untuk orang ini serta untuk orang-orang yang sepertinya, bahwa saya adalah orang yang bangga menggunakan serban dan jubah panjang saya, namun saya adalah pribadi yang terus belajar, meneliti serta menelaah dengan baik semua budaya dan pengetahuan barat ataupun timur untuk menjadi bekal kehidupan. Saya terus mencari pelajaraan, kearifan dan kebenaran selama kesehatan, kemampuan dan waktu saya mengizinkan.

Saya membaca dan mempelajari sejarah Islam, filsafat, mazhab, perkembangan sekte dan aliran. Saya selalu aktif mengikuti perkembangan kelompok Sufi, Salafi dan sejarah Umat Islam secara umum.
Saya pun terus mengikuti perkembangan para sastrawan Arab, cerpenis, kritikus sastra, bahkan para perusak seni bahasa juga.
Disamping itu saya juga mempelajari gaya-gaya arsitektur Gotik yang muncul di Eropa pada abad ke 15-16 hingga era renaissance. Saya mempelajari sastra Eropa Klasik, Neoklasisisme, Romantisme, Impresionisme, Realisme, Simbolisme dan Seni Abstrak. Bahkan saya juga mempelajari lukisan Pablo Ruiz Picasso (w: 1973, Perancis), sastra André Gide (w: 1951, Perancis) dan Musik Igor Stravinsky (w: 1882, Rusia).

Lebih dari itu, saya juga mempelajari karya-karya William Shakespeare (w: 1616, Britania), Sir Francis Bacon (w; 1626, Britania), Georg Wilhelm Friedrich Hegel (w: 1831, Jerman), Camile Flammarion (w: 1925, Perancis), Johann Wolfgang von Goethe (w: 1832, Jerman), Friendrich Nietzsche (w: 1900, Jerman), Jean-Paul Sartre (w: 1980, Perancis), William Somerset Maugham (w: 1965, Perancis) dan Bertrand Russell (w: 1970, Britania).

Tidak ketinggalan, saya juga mempelajari karya-karya Pierre de Ronsard (w: 1585, Perancis), Paul Verlaine (w: 1896, Perancis) dan Charles Baudelaire (w: 1867, Perancis).

Saya bisa membedakan lukisan-lukisan karya seni Thomas Gainsborough (w: 1727, Britania) dan Sir Joshua Reynold (w: 1723, Britania). Saya mampu membedakan antara aliran musik Samuel Johnson (w: 1784, Britania) dan music Nicolas Boileau-Despréaux (w: 1711, Perancis). Saya juga paham seni Teater dan seni Industri film.

Alhamdulillah saya bukan orang yang terbelakang, mengurung diri, kaku dan ketinggalan zaman. Saya benar-benar hidup pada era modern ini. Saya mengikuti perkembangan era ini secara budaya, dakwah dan cara hidup. Namun pada waktu yang sama saya benar-benar asing dari era modern ini secara akhlak, ibadah dan cara pikir serta suluk saya. Namun keasingan ini sesuai kadar wajib yang harus dilakukan oleh seorang da'i yang mengajak umat manusia menuju kepada Allah."

(Diterjemahkan dari kitab ‘Asānīd al-Mishriyyīn, karya Dr. Usamah al-Azhari. Hal: 440-441)




Syeikh Muhammad Zaki Ibrahim adalah antara tokoh ulama tasawwuf yang berdiri dengan teguh dalam mempertahankan amalan-amalan kesufian daripada serangan aliran-aliran yang kontra terhadapnya. Beliau juga tidak berdiam diri serta mengkritik secara tegas mana-mana bentuk penyelewengan atau amalan yang terkeluar daripada syarak yang berlaku di kalangan ahli-ahli sufi sendiri. Perjuangan beliau dalam memartabatkan maqam ihsan tidak terhenti setelah kewafatannya semata-mata, malah ia tetap diteruskan dan dikembangkan lagi oleh para pengikut serta murid beliau dan juga para pencinta sehinggalah ke hari ini. Alhamdulillah. Semoga Allah mencucuri rahmat ke atas rohnya dan menempatkannya bersama para golongan Muqarrabin... Aamiin Ya Robbal 'Alaamiin...

Image result for Syaikh Muhammad Zaki Ibrahim al-Husaini.


[ Syeikh Muhammad Zaki Ibrahim al-Husaini رحمة الله تعالى ]


Antara Kitab Karangan Syeikh Muhammad Zaki Ibrahim :




















































































































No comments:

Post a Comment